House of Quality

       House of Quality merupakan alat dari penerapan Quality Function Deployment yang digunakan untuk mendefinisikan hubungan antara keinginan konsumen terhadap suatu produk dengan pihak produsen, sehingga dapat dicapai sasaran desain dan operasi yang digunakan sebagai landasan guna memenuhi keinginan konsumen. House of Quality memiliki bagian-bagian yang terdiri dari matriks-matriks berdasarkan voice of constumerBagian matriks dari House of Quality adalah sebagai berikut

     

     Bagian A adalah Customer Needs and Benefits berisi daftar semua kebutuhan dan harapan pelanggan yang biasanya ditentukan dengan riset pasar secara kualitatif dengan cara menyebarkan angket atau kuisoner berupa kebutuhan dan harapan pelanggan untuk suatu produk,wawancara langsung pelanggan, menerima keluhan dan saran pelanggan,mengadakan pengujian potensial pelanggan Dengan memberikan produk baru kemudian meminta pendapat pelanggan. 
       Bagian B adalah Planning Matrix berisi tiga tipe informasi yaitu: data pasar secara kualitatif yang menunjukkan hubungan kepentingan kebutuhan dan harapan pelanggan, penggunaan rencana strategik untuk produk atau jasa baru,menghitung seberapa tingkat kebutuhan pelanggan dan harapan pelanggan. 
       Bagian C adalah (Technical Response) berisi Bahasa teknik organisasi, penggambaran tingkat tingggi dari produk atau jasa. 
     Bagian D adalah (Relationship) berisi pertimbangan tim tentang hubungan yang kuat dan lemah terhadap kebutuhan dan harapan pelanggan secara teknis. 
       Bagian E adalah (Technical Correlation) berisi mengenai hubungan teknis penilaian-penilaian penerapan antar hubungan elemen-elemen dalam tanggapan teknis dari tim pengembangan. 
     Bagian F adalah ( Technical Matrix) berisi tiga tipe informasi yaitu prioritas tanggapan teknis berdasarkan kebutuhkan dan harapan pelanggan pada bagian B dan hubungannya dengan bagian D, perbandingan dengan performansi teknis milik pesaing, dan target performansi teknis

Comments

Popular Posts