House of Quality
House of Quality merupakan alat dari penerapan Quality Function Deployment yang digunakan untuk mendefinisikan hubungan antara
keinginan konsumen terhadap suatu produk dengan pihak produsen, sehingga dapat
dicapai sasaran desain dan operasi yang digunakan sebagai landasan guna
memenuhi keinginan konsumen. House of Quality memiliki bagian-bagian yang terdiri dari matriks-matriks berdasarkan voice of constumer. Bagian matriks dari House of Quality adalah sebagai berikut
Bagian
A adalah Customer Needs and Benefits
berisi daftar semua kebutuhan dan harapan pelanggan yang biasanya ditentukan
dengan riset pasar secara kualitatif dengan cara menyebarkan angket atau
kuisoner berupa kebutuhan dan harapan pelanggan untuk suatu produk,wawancara
langsung pelanggan, menerima keluhan dan saran pelanggan,mengadakan pengujian
potensial pelanggan Dengan memberikan produk baru kemudian meminta pendapat
pelanggan.
Bagian B adalah Planning
Matrix berisi tiga tipe informasi yaitu: data pasar secara kualitatif yang
menunjukkan hubungan kepentingan kebutuhan dan harapan pelanggan, penggunaan
rencana strategik untuk produk atau jasa baru,menghitung seberapa tingkat
kebutuhan pelanggan dan harapan pelanggan.
Bagian C adalah (Technical Response) berisi Bahasa teknik
organisasi, penggambaran tingkat tingggi dari produk atau jasa.
Bagian D adalah
(Relationship) berisi pertimbangan
tim tentang hubungan yang kuat dan lemah terhadap kebutuhan dan harapan
pelanggan secara teknis.
Bagian E adalah (Technical
Correlation) berisi mengenai hubungan teknis penilaian-penilaian penerapan
antar hubungan elemen-elemen dalam tanggapan teknis dari tim pengembangan.
Bagian F adalah ( Technical Matrix)
berisi tiga tipe informasi yaitu prioritas tanggapan teknis berdasarkan
kebutuhkan dan harapan pelanggan pada bagian B dan hubungannya dengan bagian D,
perbandingan dengan performansi teknis milik pesaing, dan target performansi
teknis
Comments
Post a Comment