Proses Pengembangan Produk
Desain
baru dapat di artikan sebagai pengembangan barang yang pada pokoknya sama
dengan produk yang telah dipasarkan oleh perusahaan tetapi lebih baik (Polly,
1969). Pengembangan desain dapat ditujukan sebagai suatu proses berturut-turut
didasarkan pada informasi tertentu. Tahap-tahap pengembangan ini dapat
dilakukan melalui penyaringan, analisa, pengembangan komersialisasi. Desain
mungkin sekali merupakan titik tolak produk baru yang diminta oleh konsumen dan
ini terutama berlaku dalam perusahaan. Dalam hal ini mungkin desainnya meliputi
gagasan baru, yang harus dikembangakn dan di terapkan ke dalam produk yang
sedang digarap. Rancangan atau desain (Design)
adalah dimensi yang unik, dimensi ini banyak menawarkan aspek emosional dalam
mempengaruhi kepuasan pelanggan. Menurut Philip Kotler, 2011, menyatakan bahwa
rancangan adalah totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan dan fungsi produk
tertentu menurut yang diisyaratkan oleh pelanggan. Adapun parameter rancangan
yang didefinisikan menurut Philip Kotler, 2001 adalah sebagai berikut
(Uwp.ac.id, 2015):
1. Gaya (style), menggambarkan penampilan dari
suatu produk.
2. Daya Tahan (durability), menggambarkan umur
beroperasinya produk dalam kondisi normal atau berat, merupakan atribut yang
berharga untuk produkproduk tertentu.
3. Kehandalan (reliability),
merupakan ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak akan rusak atau gagal
dalam periode waktu tertentu.
4. Mudah diperbaiki (reparability),
ukurankemudahan untuk memperbaiki produk ketika produk itu rusak.
Desain produk, atau dalam bahasa keilmuan disebut juga Desain
Produk Industri, adalah sebuah bidang keilmuan atau profesi yang menentukan
bentuk dari sebuah produk manufaktur, mengolah bentuk tersebut agar sesuai
dengan pemakainya dan sesuai dengan kemampuan proses produksinya pada industri.
Sedang pengembangan produk merupakan serangkaian aktivitas
yang dimulai dari perencanaan kemudian di akhiri dengan tahapan produksi yang
mengacu pada penawaran pasar.
Daftar Pustaka
Gunawa, dedi. 2004. Perancangan dan Pengembangan Produk. Diunduh di http://library.uwp.ac.id/digilib/files/disk1/9/--dedigunawa-404-44.babii.pdf Pada tanggal 8 Desember 2015
Comments
Post a Comment