Spesifikasi Produk

Spesifikasi produk merupakan serangkaian yang mengungkapkan detail- detail yang tepat dan terukur mengenai apa yang harus dilakukan produk. Spesifikasi tidak memberitahukan bagaimana memenuhi kebutuhan pelanggan, tetapi menampilkan pernyataan yang tidak mendua mengenai apa yang harus dilakukan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan.
Proses pembuatan target spesifikasi terdiri dari 4 langkah, yang secara keseluruhan menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment). Quality Function Deploylement adalah suatu rancangan atau suatu proses sebagai tanggapaan berdasarkan pelanggan. QFD menterjemahkan apa yang dibutuhkan pelanggan  menjadi  apa yang dihasilkan organisasi. QFD  memungkinkan organisasi untuk memperioritaskan kebutuhan pelanggan, memasukan tanggapan inovatif terhadap kebutuhan tersebut, dan memperbaiki proses hingga tercapai efektifitas maksimum (Tjiptono & Diana, 2003).
Terdapat 4 langkah dalam menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment) adalah :
1. Menyiapkan gambar metrik dan menggunakan matriks-metrik kebutuhan jika diperlukan. Metrik yang baik adalah yang merefleksikan secara langsung nilai produk yang memuaskan kebutuhan pelanggan. Hubungan antara kebutuhan dan metrik merupakan inti dari proses spesifikasi.
2. Mengumpulkan informasi tentang pesaing.  Analisis  hubungan antara produk baru dengan produk pesaing sangat penting dalam menentukan kesuksesan komersial. Informasi mengenai produk pesaing harus dikumpulkan  untuk mendukung keputusan mengenai Positioning produk.
3. Menetapkan nilai target ideal dan marginal yang dapat dicapai untuk tiap metrik.  Dengan memproses bagan analisis pesaing, maka dapat ditetapkan kedua nilai target marginal dan ideal untuk tiap metrik. Karena sebagian besar nilai diekspresikan dalam batasan-batasan tertentu (maksimal, minimal atau keduanya) perlu dibuat batasan- batasan nilai yang layak dan dapat bersaing dengan produk pesaing.
4. Merefleksikan hasil dan proses. Perlu dilakukan beberapa kali pengulangan sampai akhirnya target disetujui. Melakukan pertimbangan pada tiap kali pengulangan akan membantu meyakinkan bahwa hasil yang diperoleh sudah konsisten dengan tujuan proyek.

Daftar Pustaka:
Fandy, Tjiptono dan Anastasia, Diana. 2003. TQM (Total Quality Management). Yogyakarta: Andi offset. 

Comments

Popular Posts