Agama dan Masyarakat


Kaitan  agama dengan  masyarakat  banyak  dibuktikan  oleh pengetahuan agama yang meliputi penulisan sejarah dan figur nabi dalam mengubah kehidupan  sosial,  argumentasi  rasional  tentang  arti  dan hakikat  kehidupan, tentang  Tuhan  dan  kesadaran   akan  maut  menimbulkan   relegi,   dan  sila Ketuhanan  Yang Maha Esa sampai pada pengalaman  agamanya para tasauf.
Bukti di atas sampai pada pendapat bahwa agama merupakan tempat mencari  makna  hidup  yang  final  dan  ultimate.  Kemudian,  pada  urutannya agama yang diyakininya merupakan sumber motivasi tindakan individu dalam hubungan sosialnya, dan kembali kepada konsep hubungan agama dengan masyarakat, di mana pengalaman keagamaan akan terefleksikan pada tindakan sosial, dan individu dengan masyarakat seharusnyalah  tidak bersifat antagonis. Untuk   mendiskusikan     fungsi   agama   dalam   masyarakat    ada  tiga   aspek penting     yang    selalu    dipelajari,    yaitu    kebudayaan,    sistem    sosial,    dankepribadian.
Ketiga   aspek   tersebut    merupakan    kompleks    fenomena    sosial terpadu   yang  pengaruhnya    dapat  diamati   dalam   perilaku   manusia,   sehingga timbul   pertanyaan,    sejauh   mana   fungsi   lembaga   agama   dalam   memelihara sistem,   apakah   lembaga   agama   terhadap    kebudayaan    sebagai   suatu   sistem, dan  sejauh   manakah    agama   dalam   mempertahankan     keseimbangan     pribadi melakukan    fungsinya.    Pertanyaan    itu  timbul   sebab,   sejak  dulu   sampai   saat ini, agama  itumasih  ada dan  mempunyai   fungsi,  bahkan  memerankan   sejumlah fungsi. Sebagai   kerangka   acuan  penelitian   ernpiris,   teori  fungsional   memandang masyarakat     sebagai     suatu    lembaga    sosial     yang    seimbang.    Manusia mementaskan   dan menolakan   kegiatannya   menurut  norma  yang  berlaku  umum, peranan   serta    statusnya.   Lembaga   yang   demikian   kompleks   ini   secara keseluruhan    merupakan   sistem  sosial,   di mana  setiap  unsur  dari  kelembagaan itu sating  tergantung   dan  menentukan    semua  unsur  lainnya.    Perubahan   salah satu  unsur   akan  mempengaruhi     unsur   lainnya,   dan  akhirnya   mempengaruhi kondisi   sistem  keseluruhan.    Dalam  pengertian   lembaga   sosial  yang  demikian, maka   agama    merupakan     salah   satu   bentuk    perilaku   manusia    yang   telah terlembaga.
Teori    fungsionalisme    melihat    agama    sebagai    penyebab     sosial    yang dominan   dalam   terbentuknya    lapisan   sosial,   perasaan   agama,   dan  termasuk konflik    sosial.   Agama   dipandang    sebagai    lembaga    sosial   yang   menjawab kebutuhan   mendasar   yang  dapat  dipenuhi  kebutuhan   nilai-nilai  duniawi.  Tetapi tidak   menguntik    hakikat   apa  yang   ada  di  luar  atau  referensi    transendental (istilah   Talcott   parsons). Fungsi   agama   dalam   pengukuhan   nilai-nilai,     bersumber    pada  kerangka acuan  yang  bersifat   sakral,   maka  normanya   pun  dikukuhkan    dengan   sanksi• sanksi   sakral.   Dalam   setiap   masyarakat    sanksi   sakral   mempunyai    kekuatan memaksa  istimewa,  karena ganjaran  dan hukumannya  bersifat duniawi dan supramanusiawi     dan  ukhrowi. Fungsi   agama   di  bidang   sosial    adalah   fungsi   penentu,    di    mana  agama menciptakan    suatu  ikatan  bersama,   baik  di  antara  anggota-anggota     beberapa masyarakat   maupun dalam kewajiban-kewajiban     sosial yang membantu mempersatukan     mereka. Fungsi   agama   sebagai   sosialisasi     individu   ialah    individu,     pada  saat  dia tumbuh   menjadi    dewasa,    memerlukan    suatu   sistem   nilai    sebagai    semacam tuntunan    umum   untuk   (mengarahkan)       aktivitasnya       dalam    masyarakat,     dan berfungsi   sebagai    tujuan   akhir  pengembangan     kepribadiannya.      Orang   tua  di mana   pun   tidak   mengabaikan     upaya    "rnoralisasi"       anak-anaknya,        seperti pendidikan     agama   mengajarkan     bahwa    hidup   adalah     untuk   memperoleh keselamatan    sebagai   tujuan  utamanya.   
Oleh  sebab  itu,   untuk  mencapai   tujuan tersebut   hams    beribadat     dengan   kontinyu     dan  teratur.    membaca    kitab    suci dan  berdoa   setiap  hari,   menghormati    dan  mencintai     orang  tua,  bekerja   keras, hidup   secara   sederhana,     menahan    diri   dari   tingkah    laku    yang   tidak  jujur, tidak    berbuat   yang   tidak   senonoh   dan   rnengacau,    tidaklah     berdansa,    tidak minum-rninurnan    keras,   dan   tidak   berjudi.    Maka   perkembangan     sosialnya terarah   secara   pasti   serta  konsisten   dengan   suara   hatinya.
Masyarakat industri   bercirikan dinamika dan  semakin   berpengaruh terhadap  semua  aspek  kehidupan,  sebagian  besar  penyesuaian-penyesuaian terhadap  alam  fisik,  tetapi    yang  penting  adalah  penyesuaian-penyesuaian terhadap alam fisik, tetapi yang penting adalah penyesuaian-penyesuaian dalam hubungan-hubungan  kemanusiaan  sendiri.
Perkembangan    ilmu    pengetahuan    dan   teknologi    mempunyai konsekuensi   penting   bagi  agama.   Salah  satu  akibatnya adalah   anggota masyarakat semakin  terbiasa menggunakan    metode  empiris  berdasarkan penalaran  dan efisiensi dalam menanggapi  masalah  kemanusiaan,  sehingga lingkungan     yang  bersifat   sekular   semakin   meluas,   sering  kali  dengan pengorbanan lingkungan  yang  sakral.  Watak  masyarakat sekular,  menurut Roland  Robertson   ( 1984), tidak  terlalu  memberikan   tanggapan   langsung terhadap agama. Misalnya pemikiran  agama, praktek agama, dan kebiasaan• kebiasaan agama  peranannya sedikit, Pada  umumnya kecenderungan  sekularisasi  mempersempit  ruang gerak kepercayaan-kepercayaan dan  pengalaman-pengalaman keagamaan   yang terbatas  pada  aspek  yang  lebih kecil  dan bersifat  khusus  dalam  kehidupan masyarakat dan anggota-anggotanya.
Agama    begitu   universal,    permanen    (langgeng),    dan   mengatur    dalam kehidupan,    sehingga    bila   tidak   memahami    agama,   akan   sukar   memahami masyarakat.   Hal yang  perlu  dijawab  dalam  memahami   lembaga  agama  adalah, apa  dan  mengapa   agama   ada,   unsur-unsur    dan  bentuknya    serta   fungsi   dan struktur   agama.
Dimensi   ini   mengindentifikasi    pengaruh-pengaruh     kepercayaan, praktek,  pengalaman,   dan pengeta  huan  keagamaan   di dalam  kehidupan sehari-hari.   Terkandung     makna    ajaran    "kerja"   dalam    pengertian teologis. Dimensi  keyakinan,  praktek,  pengalaman,   dan pengetahuan   dapat  diterima sebagai  dalil  atau dasar analitis,  namun  hubungan-hubungan    antara  keempatnya tidak  dapat   diungkapkan    tanpa  data empiris.

Referensi:

Harwantiyoko dan Katuuk, Neltje F. 1997. MKDU ILMU SOSIAL DASAR. Jakarta: Gunadarma

Comments

Popular Posts